Widget by tips dan trik blogspot

Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Blogger Template Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

  • Blog Contest with Theme : Aman Semua Lancar
  • My twitter @habibi_kun

Kamis, 22 November 2012

Polite Impolite



Bus 1 IBS 2012 :P

Tulisan ini dibuat saat penulis sedang duduk di dalam bus tujuan Jakarta untuk suatu acara kampus. Penulis berharap bus ini selamat sampai tujuan. Amin dong. 

Saat perjalanan penulis berdiskusi dengan kawan sebangkunya. Diskusi aneh ini berawal dari sms yang masuk dengan nada standar nokia. Hape dengan nada ini banyak sekali dijumpai dikalangan mahasiswa. Atau dijumpai diiklan provider ‘3’. Saat itu iklannya bertema foto ‘lulus sekolah’, pas lagi difoto, ada yang iseng ngirim sms ke semua. Alhasil, jadilah foto bertema ‘bonusan sms sekolahku’.

Nah, pembahasan sms pun dimulai. Begini kisahnya. Ketika kamu sms ke seseorang dengan kalimat panjang sampai berlayar-layar. Contoh : “km lg dmn sich? Ntr kalo udh mo nyampe kabarin ya… q mau ke kosan mu, kita bljar bring yuk? Bsk kan quiz, mana ada tugas lagi… padat bgt besok. Gmn? Ok kan?”

Terus hapemu dirasuki sms balesan dengan kata : “Y”

Jleb moment gak? Tapi sekarang kita belajar bagaimana menghargai sms orang lain.

Bus mulai melaju, dan seorang mahasiswa yang mengaku PJ bus 1 ini menyebutkan bahwa namanya Firman. Dia mengabsen ulang peserta yang ada didalam bus. Saat diabsen satu per satu aku menyadari suatu hal tentang kesopanan.

Nah, pembahasan angkat tangan pun dimulai. Begini kisahnya. Ketiks kamu mengabsen orang lain. Maka aka nada beberapa respon berbeda. Adakalanya orang akan mengangkat tangan kanannya dengan lima jari menengadah. Adakalanya orang akan mengangkat tangan kanannya dengan hanya telunjuk yang mengacung ke atas. Adakalanya orang mengangkat tangan kirinya (kecuali dia kidal).

Bagaimana? Sekarang kita belajar bagaimana cara mengangkat tangan yang sopan.

Bus sampai di Tuban untuk makan siang. Atau lebih tepatnya sarapan siang. Aku makan di meja paling depan. Dan saat makan, aku ingin memotong ayam dengan sendok. Dan tak sengaja sendokku menyentuh piring dan menghasilkan suara nyaring. Semua mata tertuju padaku.

Sekarang kita tahu bagaimana cara makan yang baik. Sebenarnya banyak lagi sesuatu yang dapat kita bandingkan tingkat kesopanannya seperti ucapan kata ‘nikah’ lebih sopan daripada kata ‘kawin’, kata ‘istri’lebih sopan dari kata ‘bini’ dan lain sebagainya.
Comments
3 Comments

3 komentar:

Fariz Hidayat mengatakan...

trus apa ini hab?

Tsukiyama Arishima mengatakan...

Intinya apa hab?

Wildan Habibi mengatakan...

Intinya adalah bagaimana kita menghargai sms orang lain dengan tidak membalasnyadengan satu kata saja, terus kita jugabisa belajar bagaimana cara mengangkat tangan yang baik dengan menggunakan tangan kanan,berkata yang baik, dan makan yang baiktanpa mengeluarkan bunyi yang dapat menganggu orang lain

Posting Komentar

Give your outstanding comment here, I will so pleasent :)